Breaking News

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Kewirausahaan Ganjil 2024



Jendelakita.my.id. - Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Kewirausahaan Ganjil 2024 dengan jumlah 2 SKS, 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.

............................................................

Mata Kuliah: Kewirausahaan 

Jumlah SKS: 2 

Jumlah Pertemuan: 16 

...............................................................

Deskripsi Mata Kuliah 

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan praktik kewirausahaan baik secara offline maupun online. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan ide bisnis, melakukan perencanaan, hingga implementasi dengan fokus pada kewirausahaan tradisional (offline) dan digital (online).

Tujuan utama adalah memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu memulai dan mengembangkan bisnis mereka sendiri, dari persiapan hingga menghasilkan penjualan.

.........................................................

Rencana Pembelajaran per Pertemuan

.........................................................

Pertemuan 1. Pengantar kuliah dan kontrak belajar

-          Pengantar

-          Kontrak Belajar

 

Pertemuan 2: Pendahuluan Kewirausahaan

-          Materi: Definisi dan Konsep Kewirausahaan (Offline & Online)

-          Metode: Ceramah, Diskusi

-          Tugas: Membaca literatur tentang perbedaan kewirausahaan offline dan online.

 

Pertemuan 3: Karakteristik Wirausaha Sukses

-          Materi: Sifat dan mentalitas wirausahawan sukses

-          Metode: Ceramah, Studi Kasus

-          Tugas: Diskusi kelompok tentang tokoh wirausaha sukses.

 

Pertemuan 4: Pengembangan Ide Bisnis

-          Materi: Metode menemukan ide bisnis (Brainstorming, Mind Mapping)

-          Metode: Workshop, Diskusi

-          Tugas: Presentasi ide bisnis awal (Offline/Online) dan atau Membuat Karya Inovatif bernilai jual.

 

Pertemuan 5: Analisis Kelayakan Bisnis

-          Materi: Studi Kelayakan Bisnis (Pasar, Finansial, Teknologi, Legalitas, NIB)

-          Metode: Diskusi, Ceramah

-          Tugas: Membuat analisis kelayakan bisnis sederhana dan atau PT Perseorangan, dan atau NPWP dan atau NIB

 

Pertemuan 6: Pengenalan Model Bisnis Offline dan Online

-          Materi: Model Bisnis (Canvas Model, Online Marketplace, D2C)

-          Metode: Workshop

-          Tugas: Membuat model bisnis berdasarkan ide yang telah dikembangkan.

 

Pertemuan 7: Strategi Pemasaran Offline

-          Materi: Taktik pemasaran langsung (word of mouth, event, dll.)

-          Metode: Diskusi, Ceramah

-          Tugas: Merancang strategi pemasaran offline.

 

Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

 

Pertemuan  9: Strategi Pemasaran Online

-          Materi: Digital Marketing (SEO, SEM, Sosial Media, Email Marketing)

-          Metode: Workshop

-          Tugas: Membuat rencana pemasaran digital.

 

Pertemuan 10: Branding dan Posisi Pasar

-          Materi: Konsep branding, Segmentasi pasar

-          Metode: Diskusi, Studi Kasus

-          Tugas: Membuat strategi branding.

 

Pertemuan 11: Studi Kasus: Kewirausahaan Offline

-          Materi: Diskusi studi kasus kewirausahaan offline.

-          Metode: Studi Kasus

-          Tugas: Analisis SWOT usaha offline.

 

Pertemuan 12: Studi Kasus: Kewirausahaan Online

-          Materi: Diskusi studi kasus kewirausahaan online.

-          Metode: Studi Kasus

-          Tugas: Analisis SWOT usaha online.

 

Pertemuan 13: Mengatur Operasional Bisnis Offline

-          Materi: Manajemen rantai pasokan, inventaris, layanan pelanggan

-          Metode: Ceramah, Diskusi

-          Tugas: Membuat rencana operasional usaha offline.

 

Pertemuan 14: Mengatur Operasional Bisnis Online

-          Materi: Pengelolaan toko online, manajemen logistik, dropshipping

-          Metode: Workshop

-          Tugas: Membuat rencana operasional usaha online.

 

Pertemuan 15: Penjualan dan Layanan Pelanggan

-          Materi: Teknik penjualan dan customer relationship offline, Manajemen customer relationship secara online (CRM tools, feedback)

-          Metode: Diskusi, Ceramah, Workshop

-          Tugas: Menyusun rencana strategi penjualan

 

Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

-          Materi: Ujian akhir mata kuliah berupa presentasi bisnis model yang sudah dikembangkan selama semester.

-          Metode: Presentasi, Diskusi

-          Tugas: Penyerahan laporan akhir

 

 Referensi:

1.      Kintoko, dkk. 2023. Kewirausahaan. UPY Press. Yogyakarta.

1.      Alim Syariati. 2022. Kewirausahaan (Cara Mudah Memulai Usaha). Pusaka Almaida. Gowa.

2.      Anang Firmansyah & Anita Rosmawarni. 2019. Kewirausahaan (Dasar & Konsep). Qiara Media. Surabaya

3.      Buku & Jurnal terkait Kewirausahaan maksimal 5 tahun terakhir.

 

RPS ini menggabungkan konsep dan praktik kewirausahaan offline dan online, mempersiapkan mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan bisnis saat ini yang semakin digital.